Visit My old blog

Tuesday 22 April 2014

Feeling Insecure?



      

      Jadi 'feeling insecure' ini adalah salah satu istilah yang menurut saya paling cocok dan mewakili buat describe saat-saat dimana kamu merasa nggak happy, nggak aman, lonely, on the top of your sensitive emotion,  intinya totally absurd, dan ambigu untuk dijelasin. Saat-saat yang begini bisa dibilang senggol sedikit bacok. Semua wanita i'm sure pasti pernah atau mungkin sering ngerasain sindrom "feeling insecure" ini. We do not talk about what kind of problems that drives us to this silly and iritating feeling, karena semua orang tentu punya masalahnya sendiri. So i do really happy untuk bisa sharing apa yang mungkin bisa dilakukan untuk kick out this feeling. Dan ini adalah versi saya berdasarkan beberapa bacaan artikel psikologi yang sudah saya baca dan manggut-manggut karna kebanyakan adalah teori. Tapi trust me mengalami sendiri kemudian membaca teori hasilnya adalah solusi yang original. 

- Pertama, ambil kertas paling bagus dan tulis di atas kertas itu besar-besar quote ini  "The task we must set for ourselves is not to feel secure, but to be able to tolerate insecurity" (German psychoanalyst Eric Froom). Hey girls ternyata insecurity itu normal, jadi ketika perasaan ini muncul merasalah ini bagian dari kenormalan. Nggak gampang memang untuk mencoba memasukkan ini dalam sebuah konsep kenormalan, tapi memasukkan ini dalam konsep masalah juga to much. Karena feeling insecure bisa datang kapan saja, regular guest bisa dibilang. Bayangkan saja kita punya masalah yang datangnya secara regular, no way!

- Kedua, do something that make u happy. Mengontrol pikiran kita bahwa insecurity itu sangat bisa ditolerir rasanya nggak cukup membuat perasaan itu hilang. Melakukan hal yang kita suka bisa jadi pengalih perhatian yang menyenangkan dan sekaligus manjur. Kalau hobi baca buku, pergi ke toko buku beli beberapa buku yang kamu suka, seharian spent waktu di perpustakaan atau ke coffee shop sambil baca mungkin. Atau hobi nonton film, ajakin siapa aja yg bisa ikut nonton atau beli dvd-dvd favorit. Happy!

- Ketiga, buy  something cute for u (hadiahi diri sendiri). Nggak harus mahal, beli sesuatu yang  cute dan membahagiakan. Kalau kamu wanita tulen, pasti tau prinsip ini. Let say, saya sudah cukup seneng dengan beli kutek baru, dengan warna baru yang sebelumnya gak pernah dicoba. Just a small things but cheer u up!
- 
Keempat, trust me pastikan kamu makan teratur disaat sindrom 'insecure' muncul. Tingkat stress orang dengan perut kenyang dan asupan gizi tercukupi akan lesser dibanding dengan orang yang lagi laper. Sederhananya kita selalu bilang 'aku nggak bisa mikir karna aku laper' konsep ini sama juga dengan tingkat stress dan pikiran yang nggak jernih karena kita nggak makan dikala stress. Konsumsi buah, minum banyak air putih bisa membuat kita slightly fresh.

- 
Kelima, berdoa. Siapa yang kita tuju disaat teman-teman pada sibuk kerja, orang tua jauh, saudara juga, dan pacar... ngga punya mungkin??. Anyway, Tuhan selalu ada dimanapun dan kapanpun. Segala keluh kesah yang kita punya mungkin tidak akan dimengerti sepenuhnya oleh orang lain. Tapi, untuk tuhan, tanpa perlu seribu kata keluar dari mulut kita Dia selalu mengerti dan ada. Alhamdulillah. 

So.. semoga seiring dengan berjalannya waktu, dan bertambah dewasanya kita semoga perasaan insecure ini bukan lagi jadi hal yang dominan dalam hidup sehari-hari. Gonna change with happy feeling forever! amin.

No comments:

Post a Comment